Tentang Kami

Keuntungan Makanan Buatan Sendiri, Daripada melihat memasak sebagai tugas, saya adalah salah satu dari orang-orang yang suka membuat makanan sendiri.

Ini bukan hanya tentang kesenangan dalam mengatasi tantangan kuliner—membuat makanan dari awal berarti Anda dapat mengontrol kuantitas dan kualitas makanan Anda, dan dapat mengaktifkan pola makan yang sehat dan terjangkau.

Ada juga sesuatu yang istimewa tentang memberi makan keluarga dan teman yang mengarah pada ikatan emosional yang lebih kuat.

Keuntungan Makanan Buatan Sendiri

Berikut adalah keuntungan utama saya dari makanan buatan sendiri:

  • Kontrol kualitas
  • Lebih terjangkau
  • Lebih sehat
  • Kontrol ukuran porsi
  • Bahan-bahan segar
  • Persyaratan diet pribadi dapat dipenuhi
  • Menyatukan orang
  • Efisiensi waktu
  • Kesempatan pendidikan
  • Fleksibilitas dan kustomisasi

Saya melihat masing-masing di atas secara lebih rinci di bawah ini.

1. Kontrol Kualitas

Makanan buatan sendiri berarti Anda memiliki kendali penuh atas apa yang masuk ke dalam makanan Anda. Makan produk yang telah disiapkan sebelumnya, atau makanan yang dibawa pulang, seringkali dapat berarti mengonsumsi bahan-bahan berkualitas rendah, yang telah digunakan semata-mata karena alasan biaya atau kenyamanan bagi produsen atau penyedia.

Membuat makanan sendiri juga memungkinkan Anda untuk menghindari banyak aditif dan pengawet yang dapat masuk ke dalam makanan saat ini dan sebagai gantinya, konsumsi makanan bernutrisi tinggi.

2. Lebih Terjangkau

Makan di luar sepanjang waktu, memesan makanan untuk dibawa pulang, atau membeli produk yang sudah disiapkan bisa menjadi mahal jika Anda melakukannya secara teratur. Membeli bahan mentah, seperti sayuran, daging, pasta, dan nasi, bisa menjadi jauh lebih murah dari waktu ke waktu.

Ini terutama benar jika Anda efisien dalam menggunakan makanan segar yang sudah Anda miliki; misalnya, jika Anda memiliki bawang, jamur, dan bawang putih di lemari es, Anda mungkin ingin menemukan resep yang mengandung ketiga bahan ini.

3. Makan Makanan yang Lebih Sehat

Anda dapat merencanakan makanan Anda sehingga mereka menyediakan diet seimbang. Makanan yang lebih sehat dapat dimaksimalkan, sedangkan bahan yang tidak sehat dapat diminimalkan atau dilewatkan. Banyak makanan yang disiapkan secara komersial mengandung jumlah lemak, gula dan garam yang berlebihan, serta zat tambahan yang tidak diinginkan. Saat Anda memasak di rumah, Anda mengontrol apa yang ada di makanan Anda.

4. Kontrol Ukuran Porsi

Sangat mudah untuk makan berlebihan saat Anda pergi ke restoran, atau pesan antar—porsi besar dapat membuat pengendalian diri yang sehat menjadi sulit. Makanan buatan sendiri berarti Anda dapat membuat dan menyajikan makanan dalam jumlah yang sesuai dan tidak ada godaan untuk mengonsumsi lebih dari yang sesuai.

5. Nikmati Bahan-Bahan Segar

Produk yang disiapkan secara komersial sering kali diangkut dan disimpan. Mereka mengandung pengawet dan bahan-bahan lain untuk memperlambat laju penurunan kualitas dan rasa. Restoran cepat saji sering kali memiliki makanan siap pakai yang dikirim, yang kemudian dipanaskan di tempat. Membuat makanan sendiri dari awal berarti Anda selalu bisa memasak dengan bahan-bahan segar, sehingga makanan Anda lebih enak dan bergizi.

6. Penuhi Persyaratan Diet Anda

Makan di restoran, atau membeli makanan yang disiapkan secara komersial bisa sangat menantang jika Anda memiliki kebutuhan diet khusus; misalnya, jika Anda memiliki alergi, intoleransi terhadap sesuatu seperti gluten, atau kondisi seperti diabetes. Hal serupa juga berlaku jika Anda memilih pola makan atas dasar moral atau kesehatan, seperti vegetarian atau vegan. Memiliki makanan yang dibuat dari awal berarti Anda tahu persis apa yang ada dalam resepnya.

7. Membuat Teman dan Kerabat semakin dekat

Ada sisi emosional dalam menyiapkan, menyajikan, dan kemudian menyantap makanan secara berkelompok. Ini memperdalam ikatan antara teman dan keluarga. Makanan menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar. Memesan takeout, atau memanaskan makanan yang sudah disiapkan sebelumnya di microwave tidak memiliki efek yang sama. Demikian juga, ada sesuatu yang jauh lebih pribadi tentang menyiapkan makanan dengan tangan Anda sendiri, daripada hanya makan di restoran.

8. Menghemat Waktu

Banyak orang menganggap memasak sebagai hal yang merepotkan, tetapi dalam praktiknya seringkali bisa menjadi penghemat waktu yang besar. Ada banyak makanan yang bisa dibuat dalam waktu sekitar dua puluh menit, ada juga yang hanya membutuhkan sedikit persiapan sebelum dibiarkan dimasak dalam oven, panci, atau slow cooker. Seringkali lebih sedikit usaha dan lebih cepat daripada alternatifnya.

9. Dapat Menjadi Pendidikan

Membuat makanan buatan sendiri melibatkan Anda lebih dalam dengan makanan, dan Anda akhirnya belajar lebih banyak tentang apa yang Anda makan. Ini bisa berarti menjelajahi masakan budaya lain, serta menemukan lebih banyak tentang nutrisi. Memasak pada hakikatnya adalah perpaduan antara seni dan ilmu, seni itu terletak pada bagaimana makanan terlihat, bau, dan rasanya, ilmu itu berasal dari bagaimana berbagai bahan bereaksi satu sama lain, terutama ketika terkena panas.

10. Fleksibel dan Kreatif

Membuat makanan sendiri dapat memungkinkan Anda untuk menjelajahi banyak resep dan hidangan yang mungkin belum pernah Anda temui jika Anda terjebak untuk membeli makanan yang disiapkan secara komersial. Pasti dari kita bisa jatuh ke dalam kebiasaan tentang apa yang kita beli di supermarket, serta restoran dan takeaways mana yang kita lindungi. Tetapi membuat makanan sendiri memungkinkan Anda mengakses kekayaan resep yang ada di internet, di majalah, dan di televisi. Setelah Anda menguasai resep, Anda dapat menyesuaikannya. Itulah keindahan makanan buatan sendiri, Anda selalu memegang kendali.

Bahan alami

Makan di rumah memungkinkan Anda untuk mengontrol bahan-bahan dalam makanan Anda, sehingga Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami daripada makanan olahan yang tidak sehat. Makanan olahan, sering disajikan di restoran atau tersedia dalam makanan siap saji dari toko kelontong, cenderung tinggi sodium, lemak dan gula tambahan.

Menurut BBC, Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan sangat mengurangi asupan makanan olahan. Makan makanan buatan sendiri memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak buah dan sayuran segar ke dalam diet Anda sehingga Anda dapat fokus pada bahan-bahan alami.
Substitusi dan Makan Sehat

Anda dapat menggunakan metode memasak yang lebih sehat dan mengganti bahan-bahan yang tidak sehat saat membuat makanan Anda sendiri. Misalnya, ketika sebagian besar restoran akan menggunakan mentega atau minyak dengan lemak trans, Anda dapat memasak di rumah dengan semprotan masak tanpa lemak atau minyak nabati yang sehat seperti minyak zaitun.

Selain itu, di rumah Anda bisa mengganti bahan-bahan yang tidak sehat dengan alternatif. Misalnya, American Heart Association merekomendasikan untuk mengganti satu cangkir susu bebas lemak dengan satu sendok makan minyak sayur untuk satu cangkir susu murni.