Oleh-oleh Khas Daerah Kuningan

Oleh-oleh Khas Daerah Kuningan

Bertandang ke kota kecil yang berada disamping Cirebon ini nampaknya kurang komplet tanpa bawa oleh-oleh ciri khas Kuningan.

Kota yang terkenal sebab Kuda Kuningan-nya ini selalu ramai disinggai beberapa pelancong yang akan mudik ke Jawa Timur, Jawa tengah dan Cirebon.

Referensi Toko dan Oleh-oleh khas Kuningan

Stop sesaat di kota ini, dan manjakan sanak famili Anda di dalam rumah dengan oleh-olehan ciri khas Kuningan.

Tape Ketan dalam Ember

Untuk beberapa pencinta makanan ketan, bisa sekali nih membeli oleh-olehan ketan dalam ember ciri khas kuningan. Tape ketan umumnya dibuntel kecil-kecil dengan daun, rasanya fresh, dan nikmat.

Baca Juga: Berbagai Oleh-oleh Nikmat Khas Pati

Tetapi kesempatan ini tape ketan ala-ala Kuningan ditaruh dalam ember di mana warna tape itu cukup kehijauan. Kok dapat begitu?

Sebab pewarnaan tape ini menggunakan daun katok yang disebut bahan warna alami pemicu warna kehijauan. Nah, airnya yang fresh itu adalah dari hasil peragian ragi yang dipakai.

Penggunaan ember kecil hitam untuk tempat tape bukan tanpa arah. Waktu Anda konsumsi tape ketan dengan buntel daun airnya gampang sekali tertinggal. Nah, dengan ember kecil itu, air cucurannya masih tertampung dan dapat dimakan.

Pemudik yang singgah ke Kuningan dan cari oleh-olehan ciri khas kota ini bisa nih singgah ke toko oleh-olehan Teh Diah yang sediakan variasi rasa tape dimulai dari Sari Harum, Sari Asri, Rasa Madu Putra. Rasa Madu, Binangkit, dan lain-lain. Atau, bila pengin lebih gampang, Anda dapat beli tape ketan dalam ember yang dipasarkan di pinggiran jalan besar sejauh musim lebaran seperti saat ini.

Opak Bakar

Ingin makan camilan sehat bebas minyak goreng? Bisa nih coba opak bakar Kuningan. Opak ini dibikin berbahan landasan beras ketan dan kelapa yang diolah dengan dipanggang. Gurih sekali waktu digigit karena opak ini iris kecil dan tipis, pas selaku camilan sehat Anda.

Ada satu dusun produsen opak di Kuningan. Dusun itu namanya Mandirancan yang aktif menghasilkan opak untuk dialokasikan ke pusat oleh-olehan ciri khas Kuningan. Camilan ini dapat Anda buat jadi rekan ngopi pada pagi hari.

Anda dapat berkunjung ke dusun Mandirancan bila pengin memperoleh camilan ini pada harga lebih dapat dijangkau, atau Anda dapat datangi toko oleh-olehan Teh Diah yang terkenal di Kuningan. Opak bakar dipasarkan dengan bermacam ukuran. Ukuran yang paling kecil dimulai dari 30 cm x 10 cm yang dapat didapat pada harga sekitar 20ribu saja.

Jeniper

Jeniper? Ya, namanya Jeniper yang disebut kepanjangan dari jeruk nipis peras. Serupa seperti sirup tetapi minuman ini tidak lain berawal dari jeruk nipis yang diperas lalu ditambah sedikit gula. Dibungkus dalam botol kecil, sedang atau besar, yang dapat langsung dikonsumsi atau di tambah sedikit air. Untuk ukuran botol 500 ml, Anda dapat peroleh cuman pada harga 30 ribu rupiah saja.

Batik Kuningan

Pencinta batik bisa nih lebih koleksi batik cantiknya. Batik dapat dikata baju ciri khas dari bermacam wilayah. Tiap daerah bermotif batik tertentu yang diantaranya ialah kota Kuningan. Apa yang unik dari batik ini dan mengapa Anda harus membeli?

Batik Kuningan bermotif batik yang ceria tetapi tidak dikuasai banyak warna. Topiknya ialah kuda kuningan yang disebut fauna ciri khas Kuningan, ikan Dewa, Kujang yang disebut senjata ciri khas dari wilayah ini, termasuk monumen bokor.

Untuk batik cap, biasanya dibanderol pada harga 95 ribu rupiah saja dengan prediksi panjang kain capai 4 mtr.. Anda dapat memperolehnnya di butik besar atau di pusat oleh-olehan di wilayah Kuningan.

Keripik Gemblong

Proses pemrosesan singkong diantaranya jadi kripik. Di kota ini, salah satunya oleh-olehan ciri khas Kuningan yang harus Anda coba ialah kripik Gemblong. Lain dengan kripik biasanya.

Berwarna kekuningan, pas jadi camilan sama ukuran dan harga yang beragam. Peroleh keripik Gemblong yang dapat Anda membeli per kilo gr di pusat oleh-olehan Kuningan seperti pada toko Cantik Jalan Dewi Sartika nomor 29 Kuningan atau di toko kue kering.

Oleh-oleh Khas Kuningan Tahu Lamping

Apakah bedanya Tahu Lamping dan tahu lainnya? Secara rasa, Tahu Lamping mempunyai rasa yang renyah dengan sisi dalam yang padat. Nikmat sekali waktu dimasak dan di cocol dengan petis. Anda dapat beli Tahu Lamping dengan rasa yang mak nyus cuman di Warung Tahu Kopeci yang selalu ramai pengunjung.

Papais

Papais bahan dasarnya beras ketan. Untuk penyuguhannya ada dalam bermacam variasi rasa dengan sentuhan gula aren, kacang hijau, kelapa, dan ada banyak kembali. Di pusat oleh-olehan ciri khas Kuningan, seperti pada Toko Teh Diah jalan Bojong nomor 81 Cilimus Kuningan, Papais dapat Anda peroleh dengan gampang dan harga juga ekonomis.

Kue Satu Kacang Hijau Oleh-oleh Khas Kuningan

Ini ialah kue ciri khas Kuningan yang dibuat berbahan landasan kacang hijau. Ya, bahan intinya ialah kacang hijau plus tambahan gula. Awalnya, kacang hijau di sangrai lebih dulu lalu dilumatkan dan ditambah dengan gula selaku pemanis. Kemudian di bikin sesuai dengan selera lalu di panggang.

Makanan yang ini bertahan lama dan pas Anda buat jadi oleh-olehan waktu lebaran.

Kwecang

Makanan ciri khas Kwecang memiliki bahan landasan beras ketan yang berwarna kuning. Dalam proses pembikinannya, kwecang digabung sama air apu. Sesudah adonan jadi, adonan dibuntel dengan lembar daun bambu lalu dikukus.

Ada wewangian yang unik waktu proses pemasakan itu. Kwecang dapat Anda konsumi bersama-sama dengan Gemblong dan Ketempling atau camilan lainnya. Kwecang ada di toko Denurrah Food yang beralamat di Jalan Siliwangi 263 Cijoho Kabupaten Kuningan.

Oleh-oleh Khas Kuningan Kopi Luwak Linggarjati

Anda beberapa pencinta kopi nampaknya harus menambahkan koleksi kopi Anda di dalam rumah. Waktu perjalanan mudik luangkan singgah ke toko oleh-olehan Teh Diah untuk beli kopi luwak Linggarjati. Biji kopinya sudah dikonsumsi luwak di mana satwa ciri khas ini dilestarikan di sekitar Gunung Ceramai Linggarjati. Proses pembikinannya natural serta wewangian yang dikeluarkannya juga unik dan nikmat waktu di seduh.

Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay terhitung selaku salah satunya tipe minuman yang harus Anda membeli saat bertandang ke kota Kuningan. Minuman sirup yang mempunyai cita-rasa manis yang fresh ini didatangkan dengan macam rasa buah seperti pisang susu, mangga gedong, melon, jeruk nipis, sampai nanas ada di pasar. Dari beberapa rasa yang dijajakan, Sirup Tjampolay rasa pisang susu terbanyak dicari di pasar. Sudahkan Anda tentukan pengin beli rasa apa?

Oleh-oleh ciri khas kota Kuningan tersebut akan dinantikan oleh keluarga  dan orang terkasih di rumah waktu Anda mudik lebaran ataupun di hari hari seperti seperti saat ini